Natasha Angel – Seperti yang kita pahami, anak tidak selamanya bisa berkonsentrasi dan menikmati waktu belajarnya. Sehingga, anak sangat butuh dorongan kuat dari orang terdekat. Dalam hal ini, orang tua dapat berperan dengan memotivasinya sebagai cara agar anak rajin belajar.

Motivasi sangat dibutuhkan tiap anak, khususnya motivasi orang tua. Motivasi tersebut adalah tombak untuk membantunya tetap bersemangat dalam belajar. Bahkan, anak juga akan terbiasa dan tak pernah lagi menganggap tugas sekolah sebagai beban.

Berikut adalah hal yang menunjukkan motivasi Anda terhadap si kecil. Cobalah untuk menerapkannya:

cara agar anak rajin belajar

Ikut andil dan terlibat

Di poin ini, orang tua wajib menambah peran dan motivasi terhadap anak. Sebisa mungkin, masuklah dalam dunianya ketika belajar. Anak akan merasa bahwa Anda memang memahami dunia pendidikan dengannya sehingga lebih semangat untuk belajar.

Artinya, jangan hanya sekedar menyuruh dan melihatnya belajar. Jika itu terjadi, anak akan malas karena merasa dirinya hanya didikte untuk melakukan apa saja tanpa ditemani.

Mengajukan pertanyaan

Cara agar anak rajin belajar ini akan menunjukkan bahwa Anda memang peduli dengan apapun yang di pelajari anak. Cobalah tanyakan materi apa yang saat ini dipelajari. Setelah itu, Anda bisa membuat target untuk membuktikan bahwa Anda paham dan selalu mengikuti mata pelajaran anak.

Dalam belajar, Anda bisa memancingnya dengan pertanyaan yang berhubungan dengan pelajarannya. Pastikan pertanyaan tersebut mengalir seperti obrolan ringan. Dengan begituĀ  anak akan merasakan suasana belajar yang lebih dinamis dan menarik.

Bimbingan positif

Di sela keseriusan anak yang sedang berkutat dengan tugas, Anda harus bisa mengendalikan suasana tersebut untuk selalu meningkatkan motivasi belajarnya. Cobalah untuk memberikan pelajaran positif pada anak.

Misal, sambil menemaninya mengerjakan Matematika, Anda bisa menceritakan pengalaman positif Anda ketika belajar Matematika dulu. Ini akan membuatnya terpancing dan mengambil sisi baik dati cerita Anda.

Jika anak sudah mulai masuk dalam suasana yang Anda ciptakan, tetap tekankan padanya tentang kekuatan belajar. Dengan begitu, Anak akan selalu berusaha untuk rajin belajar mesmipun masih di bawah bimbingan Anda.

Memberikan pujian

Siapapun akan menyukai sebuah pujian termasuk anak Anda. Setelah anak mengerjakan tugas belajarnya, berikan pujian yang tulus untuknya. Anak akan merasa sangat dihargai dan tidak sia-sia menghabiskan waktu untuk belajar.

Jika anak mengerjakan tugasnya dan hasilnya kurang memuaskan, tetap tunjukkan padanya bahwa Anda bangga dengan usahanya. Setelah itu, Anda bisa lanjut untuk mengajarkan tentang materi tersebut.

Well, jika Anda berhasil menerapkan semua cara agar anak rajin belajar di atas, anak akan mendapatkan kenyamanan saat belajar baik di rumah maupun di sekolah. Sehingga, anak akan mudah berbagi dengan Anda ketika mendapatkan maslah atau kesulitan saat sedang belajar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *