Natasha Angel – Dekorasi rumah bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan, bahkan seorang desain interior profesional pun memerlukan waktu yang cukup lama dalam mendesainnya. Kita sebagai penikmat dan orang awam yang berusaha mendesain dekorasi rumah sendiri pun hasilnya dapat terlihat lebih sederhana. Padahal dekorasi dengan tema tertentu berpengaruh juga terhadap rangsangan psikologis kita.

dekorasi rumah

Jenis-jenis Dekorasi Rumah

Apabila Anda menginginkan dekorasi yang sesuai dengan selera serta berupaya mendesain sendiri, kini sudah ada jenis-jenis dekorasi yang bisa dicari di internet serta dapat Anda pilih. Berbagai dekorasi yang kekinian untuk rumah minimalis juga dapat menjadi salah satu pilihan Anda. Nah, mengenai jenis-jenis dekorasi yang recommended dapat Anda simak pada uraian di bawah ini.

1. Dekorasi Skandinavia

Dekorasi jenis ini mudah sekali diaplikasikan, sehingga orang awam sekalipun bisa melakukannya. Desain interior Skandinavia identik dengan kesederhanaan serta tidak membutuhkan banyak elemen. Untuk mengaplikasikannya, Anda hanya membutuhkan beberapa tanaman hijau dalam pot dengan ukuran yang kecil dan sedang. Kemudian tanaman ini dapat Anda letakkan di sudut ruangan atau di atas meja.

2. Dekorasi Retro

Dekorasi selanjutnya ialah dekorasi retro yang akan membawa Anda pada suasana ruangan tahun 70-an hingga 90-an. Untuk mempercantik ruangan menggunakan dekorasi retro dapat dikatakan sangat mudah.

Anda hanya tinggal mengaplikasikan berbagai furniture rumah dengan penuh warna cerah, seperti merah, kuning, hijau, dan biru. Warna-warna itu dapat dipadukan demi mendapat ruangan yang terang dan kuat.

Pada dindingnya dapat Anda pasang lukisan-lukisan atau poster selebritis. Kalau Anda tipe orang yang suka mengoleksi barang antik seperti botol beling, dapat Anda pasang juga dekat dinding menggunakan papan. Tujuannya agar nuansa tahun 90-an ini lebih terasa.

3. Dekorasi Vintage

Dekorasi rumah dengan nuansa vintage dapat menjadi salah satu pilihan Anda, khususnya bagi Anda yang menyukai kesan jadul. Dekorasi jenis ini pernah mendunia serta digemari berbagai kalangan orang. Ruangannya sendiri didominasi oleh furniture yang berbahan dasar kayu berwarna coklat asli. Beberapa orang juga ada yang menyukai furniture dengan cat yang sudah mengelupas pada beberapa bagian demi mendapat kesan jadulnya.

4. Dekorasi Minimalis

Dekorasi minimalis menjadi salah satu jenis dekorasi yang mudah diaplikasikan untuk orang awam. Kunci utama dekorasi rumah minimalis terlihat pada kesederhanaan namun tegas. Dalam dekorasi minimalis, Anda tidak memerlukan berbagai hiasan untuk mendapatkan kesannya.

Cukup dengan menggunakan furniture yang menonjolkan garis dan gantungkan beberapa bingkai foto berbentuk persegi atau persegi panjang. Untuk pilihan warna, Anda dapat menggunakan warna monokrom, seperti coklat, hitam, dan putih.

5. Dekorasi Maroko

Dekorasi Maroko tidak terlalu populer di kalangan masyarakat Indonesia, karena ia memiliki desain yang identik dengan budaya Arab. Meski begitu, desain ini cukup menarik dibahas karena memiliki perpaduan warna yang dapat memperbaiki mood Anda ketika pulang kerja. Elemen dekorasinya lebih banyak menggunakan kain-kain, seperti karpet, taplak meja, table runner, pelapis sofa, dan lain sebagainya.

Demikianlah beberapa jenis dekorasi rumah yang dapat Anda aplikasikan. Dekorasi diatas cukup mudah diaplikasikan, khususnya bagi orang awam yang tidak terlalu mengerti tentang penataan barang rumah tangga. Dekorasi di atas pun tidak memakan biaya yang cukup banyak karena menegaskan pada penataan barang yang sifatnya multi fungsi, khususnya pada desain rumah minimalis. Jadi, mana desain rumah favorit Anda? Pastikan memilih desain dekorasi yang sesuai dengan konsep rumah ya.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *