Natasha Angel – Maag merupakan salah satu penyakit yang diderita oleh banyak orang. Dimana untuk penyakit ini diketahui karena pola makan yang tidak teratur. Apabila terjadi secara berkelanjutan maka akan membuat penyakit maag. Untuk penyakit maag sendiri mempunyai beberapa jenis yang perlu diketahui.

Pertama adalah maag akut yang menunjukkan gejala yang sementara. Selanjutnya adalah maag kronis yang mempunyai gejala berulang dan jangka panjang. Sehingga hal tersebut tentu saja tidak bisa dibiarkan dan harus ditangani dengan segera. Karena apabila muncul gejala dari kondisi maag kronis yang tidak ditangani akan bisa membuat mengalami komplikasi penyakit yang lebih fatal. Oleh karena itulah Anda tidak boleh untuk mengabaikan gejala untuk maag kronis yang dirasakan.

tanda serta gejala maag kronis

Dimana untuk beberapa komplikasi maag kronis yang dapat terjadi adalah:

  1. Pertama adalah mengalami tukak lambung atau luka yang ada di dinding lambung. Penyakit ini akan menimbulkan rasa yang tidak nyaman dengan menunjukkan gejala nyeri pada bagian perut yang tidak tertahankan.
  2. Gastris atrofi merupakan kondisi selanjutnya yang merupakan peradangan kronis pada bagian dinding lambung. jenis ini disebabkan oleh hilangnya lapisan yang ada pada bagian lapisan dinding lambung.
  3. Anemia juga bisa terjadi karena penyerapan vitamin B12 yang terganggu karena mengalami gastritif atrofi karena maag kronis yang diderita.
  4. Kanker lambung juga merupakan penyakit komplikasi yang disebabkan oleh perubahan struktur lambung.

Oleh karena itulah, agar bisa mencegah komplikasi penyakit yang lebih berbahaya, maka Anda bisa untuk berusaha mengatasi tanda serta gejala maag kronis yang dialami dengan tepat. Untuk mengatasinya, Anda juga perlu untuk mengenali terlebih dahulu gejala yang dapat ditimbulkan. Dimana untuk gejala pertama yang mudah dikenali adalah akan mengalami sakit perut. Hal ini merupakan kondisi yang merupakan gejala utama yang akan dialami pada penderita maag kronis. Nyeri dan rasa tidak nyaman di bagian perut tersebut akan terjadi secara berkesinambungan dan mudah kumat. Rasanya sendiri seperti diremas atau ditekan di bagian ulu hati atau perut bagian atas. Sehingga menimbulkan rasa yang tidak nyaman.

Selain rasa sakit perut, gejala lainnya yang dapat dikenali dan merupakan keluhan penyerta yang dirasakan adalah:

  1. Akan merasakan sensasi seperti terbakar pada dada.
  2. Anda juga bisa mengalami mual hingga muntah-muntah.
  3. Gejala lainnya adalah mengalami penurunan nafsu makan.
  4. Mengalami perut kembung dan terasa penuh sehingga tidak nyaman.
  5. Membuat lebih mudah sendawa dan cegukan.
  6. Terjadinya penurunan berat badan karena tidak nafsu makan.

Di atas merupakan gejala utama dan rangkaian yang dapat dialami. Selanjutnya bagi Anda yang mengalami beberapa gejala di bawah ini perlu segera untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Karena sudah menunjukkan gejala yang dapat berbahaya untuk kesehatan.

  1. Pertama adalah ketika mengalami muntah dan tidak bisa makan dan minum.
  2. Apabila muntah dengan warna kehitaman.
  3. Apabila tinja yang dikeluarkan berwarna hitam.
  4. Mengalami detak jantung yang cepat.
  5. Sulit untuk menelan dan bernapas.
  6. Mengalami kesadaran.

Agar tidak merasakan gejala maag kronis dan dapat mencegah mengalami maag, Anda bisa menggunakan cara mudah untuk pencegahan penyakit ini. Adapun beberapa cara yang dapat digunakan adalah:

  1. Pertama adalah dengan melakukan pola makan sehat dengan menghindari minuman beralkohol, kafein, makanan pedas, dan tinggi garam dan lemak.
  2. Mengkonsumsi makanan sehat seperti buah, sayur, dan juga protein nabati dan hewani.
  3. Berolahraga secara rutin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *