Natasha Angel – Setiap pria pasti menginginkan tampilan menawan. Tak hanya perawatan kulit, perawatan rambut juga penting untuk menunjang Anda terlihat ganteng. Oleh karenanya, Anda perlu tahu dan memahami bagaimana perawatan kulit kepala dan rambut yang benar. Berikut adalah ulasan tentang perawatan rambut pria yang harus Anda lakukan!

perawatan rambut pria

1. Keramas Rutin

Keramas bertujuan untuk menghilangkan kotoran, debu, dan minyak yang menempel pada kulit kepala dan helaian rambut. Kotoran dan minyak bisa menumpuk ketika Anda melakukan kegiatan sehari-hari. Sebaiknya Anda keramas 2-3 hari sekali secara rutin untuk membersihkan rambut.

2. Memakai Shampo yang Tepat

Saat keramas, Anda perlu menggunakan shampo yang tepat. Shampo yang tepat yaitu shampo yang bisa membantu untuk mengatasi permasalahan rambut dan kulit kepala. Sebagai contoh, jika rambut Anda berketombe maka sangat disarankan untuk memilih shampo khusus ketombe atau jika rambut Anda mudah rontok maka pilih shampo dengan formulasi yang dapat menguatkan rambut. Penggunaan shampo yang tepat sangat diperlukan agar masalah rambut dapat teratasi sehingga rambut Anda menjadi sehat.

3. Tidak Menggunakan Hair Dryer Berlebihan

Seringkali hair dryer digunakan untuk mengeringkan rambut agar lebih cepat. Ternyata penggunaan hair dryer berlebihan dan terlalu sering bisa menyebabkan permasalahan rambut. Hal ini diakibatkan suhu tinggi kurang baik untuk rambut. Beberapa permasalahan tersebut diantaranya yaitu rambut kering, mudah patah dan rontok, hingga terlihat kusam.

4. Menggunakan Conditioners dan Vitamin

Rambut juga memerlukan nutrisi agar membuatnya tampak selalu sehat berkilau. Anda bisa menggunakan conditioners setelah keramas untuk memberikan kelembapan ekstra sekaligus nutrisi bagi rambut. Jika diperlukan, Anda juga bisa menggunakan vitamin tambahan untuk melengkapi perawatan sekaligus memberikan perlindungan dari sinar UV yang merusak helaian rambut.

5. Melakukan Creambath atau Hair Mask

Creambath atau hair mask umumnya dilakukan oleh wanita saat ke salon. Walaupun demikian bukan berarti pria tidak membutuhkan perawatan ini. Anda bisa melakukan creambath 1-2 kali dalam sebulan di barber langganan atau melakukan sendiri di rumah. Creambath bermanfaat untuk melembabkan rambut kering, melembutkan dan menutrisi rambut, serta mencegah kerusakan.

Perawatan maksimal akan memberikan tampilan good looking. Tentu saja penampilan yang menarik akan menambah rasa percaya diri. Oleh sebab itu, Anda harus selalu rutin melakukan perawatan diri, termasuk perawatan rambut pria agar rambut senantiasa sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.