Natasha Angel – Diare merupakan kondisi saat seseorang mengalami intensitas buang air besar lebih sering. Selain itu ketika mengalami diare juga akan membuat tinja lebih encer, sehingga BAB yang dapat mengeluarkan banyak cairan. Apabila terus terjadi, maka hal tersebut dapat menyebabkan dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Oleh karena itulah ketika mengalami diare tetap pastikan untuk mengkonsumsi banyak cairan yang dapat mengganti cairan tubuh yang banyak keluar. Selain itu, Anda juga perlu mengkonsumsi makanan yang tepat untuk dikonsumsi selama diare yaitu makanan yang tidak mengandung serat tinggi dan baik untuk kondisi diare. Sebelum terjadi diare juga akan lebih baik untuk tidak mengkonsumsi makanan penyebab diare, sehingga diare dapat dihindari agar tidak terjadi. Adapun jenis makanan yang menjadi penyebab seseorang mengalami diare adalah:

makanan penyebab diare

1. Makanan pedas

Jenis makanan pertama yang dapat membuat diare adalah makanan pedas. Makanan ini menyebabkan seseorang mengalami masalah pencernaan karena kuatnya bumbu pedas yang ada di dalam makanan. Cabai rawat dan juga makanan pedas lainnya mempunyai kandungan capsaicin yang dapat memberikan rasa panas. Walaupun hal tersebut bermanfaat karena dapat mengobati nyeri dan radang sendi, akan tetapi efek dari capsaicin adalah bisa menyebabkan iritasi lapisan lambung. Sehingga akibatnya dapat membuat seseorang mengalami diare hingga sakit perut.

2. Olahan susu

Jenis makanan lainnya yang menyebabkan diare adalah susu dan olahannya. Hal ini terutama akan dirasakan oleh orang yang mempunyai intoleransi laktosa. Kondisi seseorang dengan intoleransi laktosa adalah tubuh yang tidak mempunyai enzim untuk dapat memecah gula dalam produk susu. Sehingga hal tersebut akan membuat tubuh membuang gula dengan cepat terutama lewat diare. Oleh karena itulah bagi Anda yang mempunyai intoleransi laktosa sebaiknya tidak mengkonsumsi produk susu dan olahannya, karena akan sangat mudah mengalami diare.

3. Makanan dengan kandungan kafein

Jenis makanan penyebab diare selanjutnya adalah yang mempunyai kandungan kafein. Terutama kopi yang terkenal mempunyai kafein tinggi dapat membuat orang lebih mudah mengalami diare. Selain kopi, makanan dengan kandungan kafein juga dapat menyebabkan diare. Seperti makanan yang enak dan disukai oleh banyak orang yaitu cokelat. Apabila mengkonsumsi cokelat dengan kafein secara berlebihan tentu akan membuat lebih mudah mengalami diare. Selain itu makanan lainnya yang mempunyai kafein yang perlu dihindari adalah minuman bersoda, teh hijau, teh hitam, dan minuman berenergi.

4. Makanan cepat saji

Jenis makanan selanjutnya yang perlu dihindari agar tidak mengalami diare adalah makanan gorengan. Makanan cepat saji banyak disajikan dengan cara pengolahan digoreng. Sehingga hal tersebut tentunya tidak baik dikonsumsi dan bisa menyebabkan masalah kesehatan pencernaan seperti diare. Selain berminyak, makanan cepat saji juga mempunyai kandungan lemak tinggi terutama lemak jenuh dan lemak trans. Sehingga hal tersebut juga membuat kondisi diare yang dialami menjadi lebih buruk. Hindari konsumsi makanan yang berminyak dan berlemak dari makanan cepat saji. Pilih makanan yang sehat seperti buah dan sayur dalam batas normal agar juga tidak memicu diare.

Empat jenis makanan dan minuman di atas dapat menyebabkan diare yang dialami. Sehingga cara mudah untuk mencegah diare adalah dengan tidak mengkonsumsi berbagai makanan yang disebutkan secara berlebihan. Apabila mengalami diare sebaiknya juga diatasi dengan mudah dan cepat menggunakan obat aman seperti Entrostop dari diarepedia.com. Obat diare ini dapat dikonsumsi oleh dewasa dan anak-anak yang mengalami diare, sehingga membantu untuk mengatasi masalah diare dan meredakan gejala yang dialami.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *