Natasha Angel – Rambut sering diberi istilah sebagai mahkota seorang wanita, meskipun bukan hanya seorang wanita saja. baik pria maupun wanita, rambut adalah sebuah mahkota. Rambut adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting dalam penampilan. Manusia dilahirkan dengan jumlah folikel rambut yang akan kita miliki sepanjang hidup. Manusia memiliki sekitar 100.000 folikel pada tubuhnya, dan seiring dengan bertambahnya umur folikel akan mulai berhenti memproduksi rambut, oleh karena itu banyak orang yang sudah berusia lanjut mengalami kebotakan dan penipisan rambut.

Dalam beberapa penelitian mengatakan bahwa rambut tumbuh sekitar ┬Ż inci setiap bulannya. Jumlah keseluruhan sekitar 6 inci dalam satu tahun (rambut pada kepala). Ada beberapa faktor rambut cepat tumbuh dan panjang yaitu:

  • Tipe rambut
  • Usia
  • Kesehatan rambut
  • Kondisi kesehatan yang lainnya

cara cepat memanjangkan rambut

Ilmu pengetahuan telah menemukan sedikit tentang bagaimana pertumbuhan rambut sebenarnya tergantung pada pertumbuhan sel dalam tubuh seseorang, tetapi hal tersebut juga tidak cukup untuk mengetahui bagaimana kita dapat secara langsung mempercepat pertumbuhan rambut. Untuk kalian yang ingin memiiki rambut yang panjang dan sehat, pada artikel kali ini kami akan membahas cara cepat memanjangkan rambut, tetapi sebelumnya kita akan membahas terlebih dahulu mengenai tahapan pertumbuhan rambut itu sendiri. Rambut tumbuh dalam tiga tahap, tiga tahap ini adalah:

  1. anagen: fase pertumbuhan aktif rambut yang berlangsung 2-8 tahun
  2. catagen: fase transisi di mana rambut berhenti tumbuh, berlangsung 4-6 minggu
  3. Telogen: fase istirahat di mana rambut rontok, berlangsung 2-3 bulan

Kulit kepala rata-rata memiliki 90-95% sumber tepercaya dari folikel rambut dalam fase anagen. Ini berarti sekitar 5-10 persen berada dalam fase telogen, yang menyumbang 100-150 rambut yang rontok setiap hari. Bisakah kita meningkatkan tahapan fase anagen untuk pertumbuhan rambut? Sebenarnya berapa lama fase anagen itu tergantung pada berapa lama rambut kita dan apakah sel-sel dalam basis folikel kita terus bertambah banyak dan menjadi sel-sel rambut. Rambut tumbuh karena sel-sel matriks menumpahkan beberapa struktur mereka ketika mereka mencapai folikel bagian atas. Struktur gudang menggabungkan dengan keratin untuk membentuk helai rambut yang keluar dari permukaan kulit Anda. Para peneliti masih mencari apa yang memicu tubuh kita untuk “mengaktifkan” fase anagen. Tetapi ada beberapa langkah yang dapat kalian lakukan untuk membuat rambut sehat dan cepat panjang selama fase anagen.

1. Penuhi vitamin dan nutrisi tubuh sehingga vitamin dan nutrisi rambut juga terpenuhi

Sekarang ini sudah banyak perusahaan yang membuat dan mempromosikan vitamin dan juga suplemen yang menunjang pertumbuhan rambut. Tetapi sebenarnya  produk-produk tersebut tidak dapat menunjang pertumbuhan rambut secara keseluruhan. Tubuh kita memang membutuhkan banyak energy untuk membuat rambut kita bisa tumbuh dengan sehat dan cepat. Kehilangan makanan seimbang dan nutrisi dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut. Cara terbaik untuk mendapatkan vitamin dan nutrisi tubuh kita yaitu dengan mengkonsumsi vitamin dan suplemen yang dimakan, bukan hanya tubuh saja yang menjadi sehat rambut juga akan menjadi sehat.

2. Gunakan minyak esensial

Jika kalian ingin memiliki rambut dengan pertumbuhan yang cepat, kalian bisa menggunakan minyak esensial yang kemudian di teteskan pada sampo kalian kemudian gunakan sampo seperti biasanya. Hindari mengoleskan minyak esensial langsung pada kulit, karna dapat menyebabkan beberapa masalah pada rambut.

Itulah 2 hal penting yang harus kalian lakukan jika kalian ingin memiliki rambut yang cepat panjang dan juga sehat. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu kalian!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *