Natasha Angel – Saat baru melahirkan, pasti akan terasa merepotkan karena beradaptasi dengan kegiatan baru yang berhubungan dengan bayi. Muali dari menyusui bayi hingga mengurusi segala kebutuhannya.

Menjadi seorang Ibu baru tentunya membuat kita belajar untuk menjadi ibu yang baik. Salah satu hal yang biasa dipelajari saat mulai menjadi seorang ibu adalah cara menggendong bayi baru lahir yang benar. Terlihat sepele, namun cara menggendong bayi tidak boleh sembarangan. Apalagi gaya menggendong bayi sembari menyusui.

Berikut gaya menggendong bayi sembari menyusui yang benar:

menyusui bayi

1. Tummy to Tummy

Gaya menggendong bayi sembari menyusui ini paling sering dilakukan. Gaya menggendong bayi sembari menyusui tummy to tummy maksudnya mempertemukan perut dengan perut.

Maksudnya, perut Si Kecil tepat berada di sisi depan perut ibu. Gaya menggendong bayi sembari menyusui dengan mempertemukan perut dengan perut ini paling sering dilakukan karena dinilai cukup praktis.

2. Hidung ke Puting

Gaya menggendong bayi sembari menyusui yang benar salah satunya dengan mendekatkan hidung bayi ke puting. Membuat hidung bayi mendekat ke puting membuat Moms harus membuat Si Kecil mendekat ke arah ibu. Biasanya, sebagian ibu justru membuat bagian putingnya yang mendekat pada hidung Si Kecil. Namun untuk gaya menggendong sambil menyusui yang benar, hidung Si Kecil lah yang didekatkan pada puting.

3. Pegang Dudukan

Ibu bisa melakukannya dengan cara membuat Si Kecil berada di pangkuan. Gunakan lengan samping untuk menopang badan Si Kecil yang berada pada pangkuan ibu. Letakkan kepala Si Kecil pada lekukan siku, lalu sisa tubuhnya biarkan berada di tangan.

Bawa Si Kecil yang berada di tangan ke depan payudara, bukan posisi ibu yang condong ke depan. Posisi dengan menggunakan lengan sebagai penopang tubuh Si Kecil ini merupakan salah satu gaya yang kerap digunakan.

Selain belajar tentang meyusui, ibu juga harus mempersiapkan perlengkapan terbaik untuk si kecil. Salah satunya adalah memilih popok yang baik dan nyaman untuk si kecil. Gunakanlah popok Merries yang memiliki permukaan lembut sehingga membuat bayi nyaman dan tidak iritasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *