Natasha Angel – Investasi Obligasi seperti dua sisi koin yang memiliki keuntungan dan resiko. Salah satu pilihan untuk melakukan investasi ini perlu diketahui dengan baik agar dapat mengalokasikan dana dengan mantap untuk jenis investasi ini. Ketahui terlebih dahulu kelebihan dan kekurangannya sehingga memahami dengan baik jenis investasi obligasi yang dilakukan.

Profit dan Resiko Dalam Investasi Obligasi

Obligasi adalah Surat Berharga Negara (SBN) yang diterbitkan oleh pemerintah. Investasi dalam bentuk obligasi memiliki keuntungan dan keamanan yang cukup terjamin. Selain itu, kamu juga perlu memahami kalau tiap investasi selalu ada resikonya. Pahami dengan baik mengenai dua hal itu sebelum memutuskan untuk mulai berinvestasi dengan obligasi.

Beberapa Keuntungan Berinvestasi Obligasi

Investasi yang dikeluarkan oleh Pemerintah memberikan jaminan tersendiri, kita terlindungi secara hukum dan berbagai keuntungan lainnya. Bagi kamu yang masih ragu untuk mulai melakukan investasi obligasi, berikut adalah beberapa keuntungan diantaranya.

investasi obligasi

Aman

Tak bisa dipungkiri, keuntungan terbesar berinvestasi dengan obligasi adalah keamanannya lebih terjamin. Transaksi pembayarannya dijamin Undang-Undang. Poin ini adalah alasan utama orang memilih investasi dalam bentuk obligasi terlepas risikonya.

Bunga Atau Kupon

Keuntungan investasi obligasi lainnya adalah bunga yang lebih tinggi daripada bunga deposito.Nilai bunga makin tinggi kalau jangka waktu obligasi makin lama. Kadang bunga yang diberikan berbentuk kupon sesuai institusi tempat berinvestasi.

Jaminan Pendapatan

Investasi dalam obligasi dapat menjadi sumber penghasilan sampai tahunan. Sumber pendapatannya dapat diandalkan dan hasilnya bisa diharapkan secara rutin dan aman.

Selisih Harga Obligasi

Hal lain yang perlu diketahui adalah kemungkinan mendapatkan nilai tambah dari selisih harga jual – beli ketika obligasi diperdagangkan. Oleh karena itu penting mendapatkan tempat berinvestasi yang handal.

Bunga lebih besar

Obligasi memberikan jumlah bunga lebih besar dibandingkan jenis investasi lainnya. Ada banyak keuntungan tambahan yang diperoleh dengan investasi dalam bentuk obligasi.

Beberapa Resiko Investasi Obligasi

Memahami adanya resiko dalam obligasi akan membuat ekspektasi kamu seimbang dengan realitanya. Ketahui resiko dan berinvestasi dengan bijak. Berikut adalah beberapa resikonya.

Tidak bisa dicairkan setiap saat

Dana yang dipakai untuk investasi jenis ini harus berasal dari uang yang tidak dipakai, karena sifatnya yang hanya bisa dicairkan dengan tempo dan tidak bisa diambil sewaktu-waktu.

Uang tidak kembali

Selalu saja ada resiko ini, khususnya kalau perusahaan tempat kamu berinvestasi bangkrut. Oleh karena itu pilih tempat yang didukung oleh pemerintah dan berpengalaman. Hal ini kerap terjadi pada perusahaan swasta.

Risiko Bunga

Bunga tinggi mungkin menguntungkan. Tapi risiko tingkat bunga investasi obligasi lebih tinggi dari saham atau investasi lainnya. Kalau kamu jual obligasi sebelum tempo, ada kemungkinan rugi.

Gagal Bayar

Walau minim, risiko ini tetap ada walau umumnya ditangani oleh perusahaan langsung dan tidak mempengaruhi nasabahnya. Obligasi yang dikeluarkan pemerintah tidak ada risiko gagal bayar karena dikeluarkan dari APBN.

Risiko Pasar

Investasi dalam obligasi juga mengikuti pasar keuangan. Bila ada perubahan besar-besaran yang mempengaruhi kondisi ekonomi atau politik berdampak pada investasi yang kamu lakukan.

Itulah beberapa keuntungan dan kerugian yang mungkin terjadi saat mengolah investasi obligasi. Dengan memahami tiap potensi dan risiko, kamu lebih bisa menangani obligasi yang dimiliki dengan baik. Faktor paling utamanya adalah memilih tempat berinvestasi yang aman dan dapat menjaga investasimu.

Investasi Obligasi Dengan DBS Treasures

Kamu bisa mempertimbangkan untuk berinvestasi Obligasi dengan DBS Treasures dari digibank. Bank ini telah menangani berbagai jenis investasi dan memiliki pengalaman bertahun-tahun. Ada banyak alasan mengapa kamu perlu memiliki obligasi dengan DBS Treasures. Beberapa Alasannya adalah sebagai berikut.

Produk Investasi Dijamin Pemerintah

Kamu akan dapat berinvestasi dengan aman dan nyaman bila mengalokasikan uang untuk investasi yang dijamin oleh Pemerintah. Hal ini akan menghindari berbagai risiko yang tidak diinginkan dan memaksimalkan keuntungan.

Beragam Pilihan Investasi

Dengan berinvestasi dengan DBS Treasures kamu memiliki beberapa pilihan mulai jangka waktu sampai mata uang yang akan dipakai. Kamu bebas menentukan opsi sesuai kebutuhan. Bisa memilih tempo setahun, dua tahun atau lebih. Selain itu pilihan mata uangnya bisa dalam IDR, USD, EUR atau pilihan lainnya.

Jaminan Uang Kembali 100 %

Mengambil Obligasi dengan DBS Treasures berarti kamu memastikan investasi yang aman. Dana yang sudah dialokasikan untuk berinvestasi obligasi akan dikembalikan sesuai dengan jumlahnya setiap jatuh tempo. Dengan demikian kamu mendapat pendapatan yang dapat diandalkan tanpa khawatir nominalnya berkurang.

Itulah beberapa keuntungan yang kamu akan dapatkan bila melakukan investasi obligasi dengan DBS Treasures. Dapatkan keuntungan yang sebesar-besarnya dan meminimalkan resiko dalam berinvestasi obligasi dengan memakai digibank sebagai tempat berinvestasi. Jaminannya 100 persen dan dilindungi oleh Pemerintah. Dengan demikian. Nasabah dapat berinvestasi dengan tenang dan merasa keamanannya terjamin.

Kamu perlu memahami plus dan minus dari melakukan investasi dalam bentuk obligasi. Selain itu, kamu juga perlu memilih perusahaan yang tepat untuk melakukan investasi obligasi. Pilih DBS Treasures yang memiliki reputasi bagi dan keunikan layanan yang memiliki keamanan dan dilindungi oleh pemerintah. Tunggu apa lagi? Segeralah berinvestasi sekarang juga.

Sumber

https://www.most.co.id/belajar-investasi/obligasi/keuntungan-dan-risiko-obligasi

https://duitologi.com/articles/2019/04/11/apa-keuntungan-dan-risiko-investasi-obligasi/

https://www.dbs.id/digibank/id/id/articles/wealth-101-mau-investasi-obligasi-yuk-kenali-risikonya#:~:text=Risiko%20dalam%20obligasi%20biasanya%20ditentukan,nilai%20nominal%20kepada%20investor%20obligasi.&text=Hubungan%20itu%20disebut%20sebagai%20interest%20rate%20risk%20atau%20risiko%20suku%20bunga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *