Natasha Angel – Ada banyak alasan yang membuat kredit KTA selalu dijadikan sebagai pilihan utama bagi masyarakat di dalam mendapatkan pinjaman uang. Selain karena memang dari segi syaratnya tidak mengharuskan untuk menyertakan adanya jaminan atau agunan, sebenarnya KTA ini sendiri juga termasuk produk kredit yang paling marak atau banyak ditawarkan oleh lembaga keuangan saat ini, baik itu yang bank maupun non bank. Sehingga tidak heran sebagian banyak diantara masyarakat kemudian prefer dengan tawaran produk pinjaman ini.

Pinjaman yang ditawarkan dengan jenis KTA ini sendiri tak hanya oleh bank, melainkan sekarang juga banyak diantaranya yang berasal dari pinjaman online atau yang dikenal juga sebagai fintech, perusahaan keuangan yang bergerak secara online. Apalagi pada dasarnya tentu bukan hal baru lagi bagi Anda jika seandainya transaksi berbasis online belakangan ini tengah begitu booming bukan. Tak hanya belanja online saja, melainkan juga layanan pinjaman atau kredit online semacam ini.

Hanya saja tentu ada banyak sekali perbedaan antara sistem pinjaman tanpa jaminan online dan juga langsung ini. meskipun jika dilihat tawaran kredit KTA online ini sendiri memang jauh lebih memudahkan bagi masyarakat, karena sistem applynya bisa dilakukan secara lebih praktis mengandalkan sebuah smartphone maupun laptop. Namun ternyata bagi yang masih pemula lebih dianjurkan untuk memilih produk pinjaman KTA secara langsung saja, berikut ini diantara alasannya:

pinjaman tanpa pinjaman

  1. Suku bunga kecil dan jelas bentuk perhitungannya, memang tidak bisa dipungkiri jika semua produk keuangan khususnya adalah pinjaman ini pasti akan menyertakan keberadaan bunga, dengan nominal yang berbeda-beda pula antar bank. Hanya saja produk pinjaman perbankan lebih jelas pemberian bunganya dan juga cara perhitungannya, agak berbeda dengan pinjol yang sistem perhitungannya kurang jelas, bahkan terkadang menyertakan nilai bunga yang begitu tinggi, tentunya akan sangat membebani Anda bukan.
  2. Jelas legalitasnya, belakangan ini cukup marah memang lembaga pemberi pinjaman secara online yang ilegal, dimana perusahaan mereka belum terdaftar dalam Otoritas Jasa Keuangan, sehingga jika seandainya debitur merasa dirugikan tidak bisa melapor dengan mudah. Sedangkan jika Anda mengajukan pinjaman ke bank lebih jelas legalitas dari perusahaan tersebut sehingga ada jaminan keamanan.
  3. Nilai pinjaman atau plafon pinjaman yang ditawarkan oleh bank tergolong lebih besar dibandingkan dengan pinjol, kemudian bagi Anda yang pada dasarnya memang tengah mencari pinjaman uang yang nominalnya besar, maka pinjol bukan pilihan terbaik, karena maksimal nilai yang mereka tawarkan hanya sampai puluhan juta rupiah, berbeda dengan bank, mereka berani memberikan plafon pinjaman dengan nilai mencapai 200 juta rupiah, tergolong sangat besar bukan.
  4. Tenor lebih panjang atau lama, keuntungan lainnya yang bisa dirasakan oleh debitur jika seandainya ambil pinjaman KTA di bank adalah bisa mendapatkan tenor atau jangka waktu pelunasan yang lebih lama, maksimal sampai dengan 5 tahun. Agak berbeda dengan pinjol yang dibatasi mulai dari 1 bulan sampai dengan 1 tahun saja, bahkan tak jarang hal ini membuat debitur menunggak pembayarannya hingga dikenai dengan denda yang nominalnya tidak masuk akal.

Hanya saja untuk mendapatkan kredit KTA dari bank ini sendiri juga tidak bisa dikatakan mudah, mengingat syarat-syarat yang diberikan tergolong banyak, tak hanya itu sering kali juga membutuhkan waktu yang agak lama untuk pencairan dana pinjaman tersebut, tidak seperti fintech yang bisa cair hanya sehari saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *