Natasha Angel – Menjadi seorang investor tentunya memberikan banyak sekali keuntungan bagi Anda, karena hanya sekedar menanam uang atau modal kedepannya akan menghasilkan profit yang tinggi. Meskipun demikian di satu sisi hal ini juga memiliki resiko, seperti diantaranya adalah resiko kerugian. Apalagi bagi para investor pemula, sering kali mengalami hal semacam ini, apalagi untuk mereka yang cenderung masih gegabah dan belum berpikiran secara matang.

Berikut ini diantaranya beberapa kesalahan yang sering kali dilakukan oleh pemula di dalam berinvestasi, sehingga merugikan mereka, diantaranya adalah:

investor pemula

  1. Hanya berpaku pada keuntungan saja, sedangkan tidak melihat resiko yang ada. padahal setiap investasi pastinya memiliki nilai resiko, entah itu yang kecil maupun besar. Dengan gegabah mengambil sebuah instrumen investasi, tanpa memikirkan resikonya sering kali membuat seseorang rugi.
  2. Tidak melakukan analisis terlebih dahulu, hendaknya setiap pilihan instrumen investasi yang ditawarkan dipilih setelah melakukan analisis sebelumnya, mulai dari tingkat resiko, bagaimana prospek kedepannya dan sebagainya. Dari sini nantinya Anda akan tahu manakah instrumen terbaik yang dapat dipilih.
  3. Cenderung berinvestasi jangka pendek, artinya tidak mengutamakan investasi jangka panjang. Padahal hasil sesungguhnya baru akan dirasakan setelah berjalan cukup lama atau jangka panjang. Jika seandainya Anda hanya memutuskan secara jangka pendek akan lebih banyak ruginya dibandingkan dengan keuntungan.
  4. Terlalu cepat di dalam mengambil keputusan, artinya terlalu gegabah juga tidak baik, karena setiap langkah yang Anda ambil dalam investasi ini sangat mempengaruhi masa depan. Beberapa orang yang terlalu bersemangat di dalam transaksinya sering kali mendapatkan imbal atau hasil yang kecil, dibandingkan dengan mereka yang hati-hati dalam mengambil keputusan.

Jadi sebaiknya hindari 4 jenis kesalahan tersebut ketika berinvestasi, khususnya adalah untuk pemula. Pilihan investasi pemula yang paling tepat diantaranya adalah yang memiliki resiko cenderung kecil dan pastinya juga mudah untuk dijalankan, seperti diantaranya adalah reksadana, sekarang untuk berinvestasi ke reksadana bisa dilakukan secara mudah online lewat Tanamduit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *