Natasha Angel – Asam lambung naik akan memicu gejala seperti perut yang nyeri, rasa panas di bagian perut sampai dengan mual hingga muntah. Hal tersebut tentunya harus segera mendapatkan penanganan secara tepat, jika seandainya tidak ingin bertambah buruk.

Penyakit GERD (gastroesophageal reflux disease) ini pada dasarnya merupakan masalah kesehatan yang umum dialami oleh setiap orang tanpa pandang usia, mulai diantaranya adalah anak-anak sampai dengan orang dewasa rentan untuk mengalaminya. Hanya saja mungkin dalam intensitas yang berbeda-beda.

Ketika kondisinya asam lambung tersebut sudah meningkat bahkan tidak terkendali, umumnya memang dapat memicu beragam masalah serius, tak hanya penyakit tukak lambung saja, melainkan juga besar kemungkinan akan menjadi pemicu kanker jika seandainya dibiarkan dalam jangka waktu lama.

Mengingat iritasi yang terjadi tersebut akan menyebabkan terjadinya luka, bahkan mutasi yang ada sel-sel di dalam tubuh, memicu munculnya tumor hingga kanker. Untuk itu tidak boleh disepelekan.

Namun juga jangan buru-buru panik, berikut ini diantaranya pertolongan pertama yang dapat diberikan ketika asam lambung tersebut mulai meningkat atau tinggi, diantaranya adalah:

asam lambung naik

1. Melonggarkan baju yang ketat,

Jika sebelumnya Anda mengenakan pakaian yang ketat, maka kondisi tersebut akan memperparah asam lambung, karena akan memberikan tekanan pada lambung, untuk itulah maka disarankan bagi Anda untuk segera melepas pakaian tersebut, gantilah dengan pakaian yang longgar dan nyaman dipakai.

2. Berdiri tegak,

Postur tubuh Anda juga dapat memicu asam lambung naik, untuk itu dianjurkan langsung berdiri tegak, gravitasi ini sangat berpengaruh untuk kembali menurunkan asam lambung. Ketika Anda sudah mulai merasakan gejalanya, jangan malah duduk atau bahkan berbaring, karena akan semakin memperparah naiknya asam lambung. Justru lebih aman dengan berdiri tegak, sehingga tekanan pada otot kerongkongan juga akan berkurang.

3. Konsumsi campuran soda kue dan air,

Kedua bahan ini jika dikonsumsi secara bersamaan akan bersifat basa dan juga menetralkan asam yang ada dalam perut, minumlah campuran tersebut secara perlahan, jangan terburu-buru atau nantinya justru akan semakin memperparah kondisi Anda.

4. Konsumsi teh jahe,

Jahe pada dasarnya memang sudah dikenal sejak lama sebagai cara alami mengatasi asam lambung karena merupakan bahan herbal yang kaya akan manfaat, termasuk diantaranya adalah untuk mengatasi masalah asam lambung. Sehingga Anda dapat menggunakan rempah tersebut sebagai sarana untuk mengatasinya, caranya juga mudah, cukup dengan menyeduhnya menggunakan air hangat, tambahkan madu jika ingin ada rasa manis.

5. Konsumsi cuka apel,

Meskipun rasanya asam, namun jangan salah karena ia juga dipercaya dapat menetralisir asam lambung, caranya mudah sekali yaitu dengan mencampurkan bahan tersebut dengan air. Konsumsi secara perlahan dan diimbangi dengan istirahat, namun usahakan untuk tidak berbaring.

6. Konsumsi obat-obatan antasida,

Ada banyak sekali diantara obat-obatan yang dijual di pasaran efektif meredakan asam lambung secara cepat, bahkan hanya dalam hitungan menit saja, maka nantinya perut Anda akan kembali tenang atau tidak sakit lagi. mulai diantaranya yang berbentuk tablet kunyah sampai dengan sirup yang dapat langsung dikonsumsi.

Itulah diantaranya beberapa langkah pertolongan pertama saat asam lambung naik yang bisa Anda terapkan sendiri di rumah.

Ingat jangan menyepelekan kondisi kesehatan yang satu ini, apalagi dengan menghiraukan gejalanya, karena semakin sering dibiarkan penyakit akan berkembang semakin kronis. Bahkan tak menutup kemungkinan juga nantinya akan menjadi pemicu gangguan kesehatan yang lebih serius.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *