Natasha Angel – Dengan berkembangnya berbagai jenis bidang usaha di Indonesia, seperti kuliner, fashion, elektronik dan lain sebagainya. Membuat banyak perusahaan penyedia layanan pengiriman membuka peluang dengan gencar mengeluarkan bermacam jenis layanan kirim barang supaya bisa memenuhi kebutuhan pelanggan.

Jenis layanan yang ditawarkan mulai dari kiriman reguler hingga kiriman same day yang beberapa bulan terakhir seakan menjadi pilihan utama bagi para pengguna jasa layanan pengiriman paket atau barang. Bahkan beberapa perusahaan penyedia layanan pengiriman berlomba-lomba untuk memberikan keuntungan dari produk layanan yang mereka tawarkan. Tapi jauh sebelum adanya jenis pengiriman same day ini, Anda pasti sudah tahu dengan pengiriman kargo dan ekspedisi regular.

Pada pembahasan kali ini, akan dijelaskan kembali terkait jenis bidang usaha jasa pengiriman kargo dan jasa pengiriman ekspedisi.

Sebenarnya kedua metode pengiriman tersebut mempunyai tujuan sama, yakni untuk mengirim paket atau barang, untuk perbedaan terletak di kapasitas barang atau jumlah muatan yang dikirimkan dalam satu partai pengiriman. Layanan pengiriman ekspedisi adalah penyedia layanan pengiriman paket untuk skala atau jumlah lebih kecil. Sebaliknya, jasa pengiriman kargo dikhususkan untuk pengiriman dalam jumlah besar.

Lewat penjelasan singkat tersebut, Anda dapat melihat bahwa yang membedakan antara kedua jenis jasa pengiriman ini merupakan bentuk layanan yang ditawarkan. Untuk itu, mari simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

jasa pengiriman barang

1. Jasa Pengiriman Ekspedisi

Pengiriman ekspedisi umumnya tidak memperhatikan minimal berat. Paket yang memiliki berat hanya 1 kg pun juga dapat dikirim lewat layanan pengiriman ekspedisi. Pelanggan yang ingin memakai layanan tersebut umumnya bisa mendatangi langsung cabang perusahaan pengiriman dengan membawa paket yang akan dikirimkan jika tidak Anda juga bisa meminta kurir untuk mengambil paket di rumah Anda, sebab beberapa jasa pengiriman sudah menyediakan layanan door to door khusus bagi para pelanggannya. Untuk tarif menggunakan jasa pengiriman ekspedisi akan ditentukan berdasarkan hitungan beratnya.

2. Jasa Pengiriman Kargo

Sesuai dengan penjelasan yang ada di atas, dimana jasa pengiriman kargo cenderung ke pengiriman paket untuk jumlah yang besar. Biasanya minimal berat barang yang masuk kategori untuk pengiriman kargo yakni paket yang mencapai berat 10 kilogram hingga 50 kilogram tergantung ketetapan dari masing-masing perusahaan pengiriman kargo tersebut.

Keuntungan memakai jasa pengiriman kargo yakni tarif ongkos pengiriman yang tergolong murah daripada biaya pengiriman ekspedisi. Apabila Anda memilih pengiriman kargo, satu hal yang harus Anda ketahui yaitu kadang pihak pengiriman kargo tidak memberi layanan jumpet barang di tempat. Membuat Anda harus mengantar paket tersebut sendiri ke jasa pengiriman. Namun begitu Anda bisa melakukan pengiriman kemana saja, termasuk Pengiriman barang ke jepang, Korea, Malaysia atau seputaran Indonesia dengan cepat dan murah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *