Natasha Angel – Kesehatan memang menjadi salah satu hal yang paling mahal harganya. Itulah mengapa hendaknya Anda menjaga kesehatan dengan baik. Karena jika sudah sakit biaya yang harus dikeluarkan untuk mendapatkan pengobatan juga sangat mahal. Ditambah lagi nantinya Anda masih harus menanggung rasa sakit atau kurang nyaman di tubuh karena penyakit yang diderita tersebut. sebagai langkah pencegahan maka Anda juga bisa melakukan vaksinasi. Sekarang ini ada banyak sekali layanan vaksinasi di rumah yang dapat Anda lakukan.

vaksin di rumah

Vaksinasi ini memang dapat dilakukan untuk mencegah beberapa jenis penyakit yang menyerang, khususnya yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Sampai sekarang ini sudah ditemukan banyak sekali vaksin yang dapat mencegah beberapa jenis virus dan bakteri berbahaya yang menyerang tubuh manusia. Misalnya hepatitis, campak, polio bahkan beberapa jenis kanker juga sudah ada vaksinnya. Selain dapat dilakukan pada anak-anak, sebenarnya vaksinasi ini sudah dapat dilakukan sedari wanita hamil. Untuk cegah bayi yang lahir mengalami cacat fisik ataupun mental, juga dapat melindungi wanita yang tengah mengandung itu sendiri.

Berikut ini diantaranya beragam jenisnya yang patut Anda ketahui, yaitu:

  1. Vaksin influenza, penyakit influenza saat ini memang berkembang secara pesat, dimana virusnya bertambah ganas. Itulah mengapa harus dilakukan vaksinasi agar tidak sampai terjangkit masalah kesehatan tersebut. mencegah terjadinya infeksi pada saluran pernapasan yang disebabkan oleh virus influenza, karena hal ini juga berdampak pada janin yang tengah dikandung, bisa saja memicu terjadinya kecacatan atau kelainan. Selain itu dengan adanya vaksinasi ini juga berguna untuk mencegah agar bayi yang baru lahir tidak sampai terserang penyakit ini selama beberapa bulan pertama setelah dilahirkan.
  2. Vaksin TT, selain itu juga ada vaksin Tetanus Toksoid, ini adalah jenis penyakit yang dapat menyerang disebabkan oleh infeksi ketika tertusuk oleh benda tajam yang sudah berkarat, dampaknya bisa fatal karena menyebabkan kematian, untuk itulah maka dapat dicegah dengan pemberian vaksin.
  3. Vaksin hepatitis, penyakit hepatitis adalah gangguan yang menyerang organ hati disebabkan oleh infeksi virus hepatitis, namun sekarang ini sudah dapat dilakukan pencegahan, caranya adalah dengan memberikan vaksinasi hepatitis tersebut, diantaranya adalah pada virus hepatitis A dan juga B yang memang rentan menyerang manusia.
  4. Vaksin difteri, meskipun tergolong sebagai penyakit yang baru-baru ini ditemukan, namun ia sangat berbahaya, karena sudah banyak angka kematian yang disebabkan oleh penyakit yang menyerang sistem pernapasan tersebut. itulah mengapa sebagai langkah pencegahan maka Anda bisa melakukan vaksinasi difteri, bahkan ketika masih mengandung.
  5. Vaksin Tdap, yaitu digunakan untuk mencegah penyakit partusis aseluler atau batuk rejan, biasanya jenis vaksin ini akan diberikan kepada bumil pada usia kandungan sekitar 27 hingga 38 minggu. Sekarang ini bahkan sudah ditemukan vaksinasi baru yang dikenal sebagai DTP yang nantinya bisa dipakai untuk mencegah 3 jenis penyakit sekaligus, diantaranya adalah tetanus, difteri dan juga partussis aseluler ini.

Lebih aman bagi bumil melakukan vaksin di rumah, apalagi di tengah pandemi virus Corona seperti saat ini, resiko tertular bagi wanita hamil sangat tinggi, karena sistem kekebalan tubuh yang lemah. Layanan vaksinasi di rumah ini bisa ditemukan dari beberapa rumah sakit besar yang ada di sekitar Anda. Bahkan sekarang ini pemesanan layanan bisa mudah dilakukan secara online.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *