Natasha Angel – Saat si Kecil sering menggunakan popok terkadang timbul masalah ruam popok. Penggunaan Popok bayi baru lahir yang kurang tepat juga bisa jadi penyebabnya.

Jika sudah terjadi ruam popok bisa mangatasinya dengan cara mengatasi ruam popok bayi berikut ini:

cara mengatasi ruam popok bayi

1. Ganti popok sesering mungkin.

Segera pindahkan popok yang basah atau kotor. Jika bayi Bunda sedang dititipkan (misalnya di penitipan anak atau Daycare), mintalah pada staf yang bertugas untuk melakukan hal yang sama.

2. Bilas bokong bayi dengan air hangat.

Sebagai bagian dari setiap penggantian popok. Bunda dapat menggunakan bak cuci atau botol air untuk keperluan ini.

Handuk basah, bola kapas, dan tisu bayi dapat membantu membersihkan kulit. Jangan gunakan tisu dengan alkohol atau pewangi. Jika ingin menggunakan sabun, pilih jenis yang ringan, dan bebas pewangi.

3. Tepuk-tepuk kulit dengan lemah lembut

Menggunakan handuk bersih atau biarkan udara masuk untuk mengeringkanya. Jangan sekali-sekali mencoba menggosok bokong bayi karena menggosoknya hanya dapat membuat kulitnya menjadi iritasi.

4. Jangan terlalu ketat ketika memakaikan popok pada bayi.

Popok yang terlalu ketat justru mencegah aliran udara masuk ke area popok, yang menimbulkan kelembapan yang memicu ruam popok. Popok yang ketat juga dapat menyebabkan radang di bagian pinggang atau paha bayi.

5. Jika memungkinkan, biarkan bayi tanpa menggunakan popok.

Mengekspos kulit ke udara adalah cara alami dan lembut untuk membuatnya agar tetap kering.

Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan, cobalah menidurkan bayi di atas handuk besar dan biarkan ia bermain beberapa saat dalam kondisi telanjang.

6. Pertimbangkan untuk menggunakan salep secara teratur.

Jika bayi sering mengalami ruam, oleskan salep pencegah selama setiap penggantian popok untuk mencegah iritasi kulit. Petroleum jelly dan zinc oxide adalah bahan yang sudah terbukti di banyak salep popok.

7. Setelah mengganti popok bayi,

Ada baiknya Bunda mencuci tangan secara teratur. Mencuci tangan dapat mencegah penyebaran bakteri atau ragi ke bagian lain tubuh bayi.

Agar ruam popok tidak terjadi lagi, pastikan gunakan popok yang nyaman, cepak kering, dan lembut seperti popok Merries. Gunakanlah popok Merries agar si Kecil bebas ruam popok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *