Natasha Angel – Ketika ibu menyusui pertama kali, salah satu masalah yang kerap terjadi adalah ASI yang tidak keluar. Namun, meskipun hal tersebut terjadi, seorang ibu sebaiknya tetap melakukan aktivitas menyusui karena bayi akan mendapatkan kolostrum ASI.

Pernahkah Anda mendengar tentang kolostrum ASI sebelumnya?

Nah, secara singkat, kolostrum ASI adalah carian pertama yang keluar dari puting saat hendak menyusui. Cairan ini cenderung kental dan berwarna kekuningan. Cukup banyak kalangan mengatakan jika kolostrum ASI adalah makanan pertama bagi bayi sebelum mendapatkan ASI.

kolostrum ASI

Kapan Kolostrum ASI Mulai Tercipta?

Pertanyaan yang sering muncul terkait kolostrum ASI adalah kapan hal tersebut mulai tercipta? Nah. dalam hal ini, pada umumnya kolostrum mulai diproduksi saat ibu hamil masih mengandung. Jika Anda memperhatikan adanya cairan yang keluar dari puting saat hamil, cairan tersebut adalah kolostrum.

Manfaat Kolostrum ASI bagi Bayi

Sebagaimana disinggung di awal, kolostrum ASI adalah makanan pertama bayi sebelum nantinya ia mengonsumsi ASI. Dalam hal in, Anda juga perlu mengetahui bahwa ada cukup banyak manfaat yang didapatkan bayi dari kolostrum ASI tersebut.

Adapun beberapa manfaat kolostrum ASI untuk bayi diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Bisa menjadi antibodi karena kandungan kolostrum ASI cukup kompleks sehingga akan menghindarkan bayi dari infeksi ataupun alergi yang mengancam
  • Sel darah putih yang terdapat pada kolostrum ASI cenderung cukup baik untuk melindungi bayi dari infeksi
  • Kolostrum ASI bisa diandalkan sebagai pencahar di mana akan membersihkan mekonium pada bayi demi kesehatannya
  • Kandungan vitamin A yang terdapat pada kolostrum ASI akan membantu bayi terhindar dari gangguan penyakit mata
  • Beragam kandungan yang ada pada kolostrum ASI bisa dijadikan sumber nutrisi otak, mata dan juga jantung bayi sebelum mereka mengonsumsi ASI
  • Untuk kelahiran bayi prematur, kolostrum ASI bisa menjadi salah satu cairan yang berfungsi untuk meningkatkan pertumbuhan bayi dengan lebih cepat

Demikian beberapa ulasan terkait kolostrum ASI. Bisa dikatakan jika kolostrum ASI memiliki fungsi dan manfaat yang begitu penting terutama bagi bayi yang baru lahir. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *