Natasha Angel – Dengan tetap berpegang pada kualitas maksimal untuk setiap proyek yang Anda tangani, pelanggan akan puas dengan hasil yang mereka dapatkan.  Mereka inilah yang berpotensi menjadi pelanggan setia, yang tanpa Anda sadari akan mendatangkan lebih banyak calon pelanggan potensial melalui promosi secara langsung kepada rekan kerja, tetangga, atau bahkan para investor untuk jasa percetakan anda. Dikutip dari Moka pos inilah tips memulai jasa percetakan untuk anda yang ingin mencoba peluang usaha berikut ini yaitu Ketujuh Pertahankan Kualitas Usaha jasa Percetakan. Meski order yang Anda terima terbilang kecil dan tidak mendatangkan angka keuntungan yang besar, Anda tetap tidak boleh menyepelekan dan harus mengerjakannya dengan semaksimal mungkin. Berapapun besarnya, kualitas tetap harus dijaga, karena ini menunjukkan kredibilitas dan profesionalitas Anda sebagai pemilik usaha jasa percetakan.

Delapan Bisakah Langsung Berinvestasi? Tidak hanya mendulang keuntungan sebagai penghasilan tambahan, bisnis juga menjadi ladang investasi jangka panjang. Namun, jika Anda adalah seorang pemula yang baru saja membuka sebuah gerai usaha jasa percetakan, mungkin investasi bisa menjadi alternatif lain. Anda bisa berfokus pada peningkatan kredibilitas dengan memiliki banyak klien dan fokus untuk menerima serta mengerjakan semua order yang masuk. Anda perlu tahu bahwa membeli peralatan percetakan membutuhkan biaya yang tidak sedikit jumlahnya. Tentu, alat-alat ini bisa menjadi ladang investasi yang bagus, terlebih jika Anda memiliki modal yang cukup untuk menyediakannya. Namun, Anda bisa mempertimbangkan hal tersebut lebih matang. Jangan sampai kredibilitas usahamu belum menunjukkan hasil maksimal, tetapi Anda sudah menguras seluruh modal hanya untuk urusan gengsi semata. Lalu, kapan waktu yang tepat untuk memulai investasi? Jawabannya adalah ketika Anda sudah memiliki nama besar dan jumlah order yang semakin menumpuk dari waktu ke waktu. Anda bisa mulai menyediakan mesin-mesin cetak, menambah karyawan, peralatan penunjang percetakan, hingga menyewa atau membeli lahan untuk dijadikan kantor jasa percetakan. Namun, sebelum memulainya, Anda terlebih dahulu perlu menyusun program kerja setidaknya hingga lima tahun ke depan. Jangan lupa, buat yang realistis, sehingga Anda bisa mengira-ira bagaimana alur usaha Anda ke depannya. Buat pula cashflow yang bisa menggambarkan proyeksi aliran dana untuk bisnis Anda dalam satu periode tertentu.

Sembilan Pantang Menyerah dan Tidak Mudah Putus Asa. Tidak selamanya usaha jasa percetakan milik Anda berada di atas. Ada kalanya Anda mengalami hambatan atau kendala yang berujung pada kerugian. Inilah risiko terbesar menjadi pengusaha: Anda harus siap untuk menghadapi keadaan terburuk yang bahkan tidak diketahui kapan datangnya. Usaha jasa percetakan milik Anda bisa saja menjadi sangat sukses, tetapi bisa juga Anda mengalami kerugian besar yang berujung pada kebangkrutan pada saat yang hampir bersamaan. Inilah mengapa setiap pengusaha diharuskan untuk memiliki mental sekeras baja, pantang menyerah, dan tidak mudah putus asa. Ancaman kerugian bisa terjadi kapan saja sehingga Anda perlu kuat menghadapinya untuk bisa menentukan strategi apa yang menjadi pilihan supaya Anda bisa segera menemukan solusi dan jalan keluar. Jadi, jangan pernah takut gagal jika Anda memilih untuk menjadi pengusaha. Selalu ingat bahwa kegagalan tidak hanya terjadi pada setiap pemilik bisnis, bahkan kegagalan juga bisa terjadi pada karyawan kantoran, hingga pelajar. Kuncinya adalah tidak mudah menyerah dan putus asa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *