Natasha Angel – Bicara soal skincare tak akan ada habisnya. Berbagai brand lokal dan internasional terus berinovasi untuk menciptakan produk-produk perawatan wajah terbaru. Salah satunya adalah produk pembersih wajah yang ternyata memiliki beberapa jenis baik untuk brand luar ataupun lokal. Sekarang sudah banyak produk pembersih wajah lokal yang bagus dengan harga yang lebih bersahabat seperti brand Joylab. Nah, sebelum mencari pembersih wajah lokal yang bagus, ada baiknya kita mengena jenis-jenis pembersih wajah terlebih dahulu agar tidak bingung menentukan pilihan.

Jenis-jenis Pembersih Wajah

pembersih wajah

1. Sabun muka cair

Jenis yang pertama adalah sabun muka cair. Pembersih wajah jenis ini umum dijumpai di pasaran dalam bentuk lotion, krim, maupun gel. Masing-masing memiliki kandungan dan karakteristik yang berbeda-beda. Dilansir dari Hellosehat, pembersih wajah berbentuk krim cenderung mengandung minyak dan pelembab. Jenis ini lebih cocok dijadikan pembersih wajah kulit kering, normal, dan kulit kombinasi. Sementara untuk tipe kulit sensiftif dan kulit berminyak lebih cocok menggunakan pembersih berbentuk gel.

2. Micellar water

Rekomendasi pembersih wajah lokal berikutnya adalah yang berbentuk micellar water. Dari segi bentuk, tekstur pembersih wajah ini mirip air dan cocok untuk tipe kulit yang sensitif atau mudah iritasi. Cara paling tepat untuk mengaplikasikan pembersih jenis ini adalah menggunakan kapas pembersih. Gosokkan kapas secara lembut untuk mengangkat sisa-sisa make up yang menempel di wajah. Berbeda dari jenis pembersih yang menimbulkan busa, micellar water tak perlu dibilas.

3. Cleansing balm

Jenis berikutnya adalah cleansing balm. Pembersih wajah ini berbentuk krim ataupun minyak dengan komposisi jelly yang padat pada suhu ruang. Cleansing balm sangat cocok untuk membersihkan make up, tabir surya, maupun skincare lainnya yang bersifat waterproof. Meski begitu, penggunaan cleansing balm biasanya meninggalkan minyak di wajah, sehingga harus dibersihkan dengan pembersih jenis lainnya.

4. Beauty gadget

Seiring dengan perkembangan teknologi, pembersih wajah juga hadir dalam bentuk beauty gadget. Bahan dasar yang digunakan tentunya aman bagi kulit karena bersifat antialergi dan antibakteri. Fungsinya tidak jauh berbeda dari pembersih jenis lainnya, yakni mengangkat sisa make up, sel kulit mati, dan membersihkan hingga ke pori-pori terdalam. Pasalnya, penggunaan beauty gadget juga memaksimalkan penyerapan skincare dan dapat digunakan untu semua tipe kulit.

5. Sabun cair tanpa busa

Selain empat jenis di atas, terdapat pembersih dalam bentuk sabun cair tanpa busa. Pembersih wajah jenis ini lebih direkomendasikan untuk tipe kulit sensitif. Karena tidak memiliki busa, pembersih jenis ini tidak bisa membersihkan wajah dan mengangkat make up secara maksimal. Selain itu, sabun cair tanpa busa biasanya menyisakan lapisan tipis pada permukaan kulit setelah dipakai.

Pentingnya Membersihkan Wajah dengan Pembersih yang Tepat

Dilansir dari Orami, rutin membersihkan wajah dapat menjaga kesehatan kulit. Selain itu, rutin membersihkan kulit wajah juga membantunya lebih terhidrasi dan terhindar dari kotoran, debu, serta kuman yang bisa menyebabkan masalah kulit lainnya.

Namun, jangan terlalu sering membersihkannya agar pH kuli tetap terjaga. Sebaiknya gunakan pembersih wajah sebanyak dua kali sehari, saat pagi dan sore. Akan tetapi, untuk tipe kulit kering dan sensitif, membersihkan wajah sekali dalam sehari adalah langkah bijak untuk menjaga kesehatan kulit. Dalam memilih pembersih wajah lokal juga harus disesuaikan dengan tipe kulit agar wajah tetap sehat.

Nah, itu tadi 5 jenis pembersih dan pentingnya membersih wajah. Pastikan kamu memilih pembersih wajah lokal yang bagus untuk mendapatkan manfaat secara maksimal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *