Natasha Angel – Ada saatnya juga kamu merasakan kejenuhan, meski melakukan pekerjaan atau aktivitas lainnya itu menyenangkan. Jenuh atau bosan tetap bisa mampir dalam hidupmu, mewarnai setiap karya yang kamu ciptakan. Untuk itu, kamu perlu memahami cara mengusir kejenuhan kemudian mengubahnya menjadi semangat hidup. Dengan demikian, apa yang kamu lakukan menuju suksesmu tetap lancar, tidak terhenti di tengah jalan. Berikut ini lima cara mengatasi kejenuhan yang bisa kamu coba.

mengusir rasa bosan

1. Aktif berpikir dan ekspresif

Pribadi yang dinamis tidak akan bisa dilepaskan dari aktivitas berpikir dan bergerak. Jika kamu selama ini aktif berpikir dan mampu mengekspresikan apa yang kamu mau, maka kamu mudah mengusir rasa bosan atau jenuh. Bahkan, kamu bisa cepat mengubahnya menjadi semangat hidup. Itu karena kamu bisa memberdayakan cara berpikirmu untuk merespons kejenuhan. Kamu bisa menciptakan selingan baru di sela-sela aktivitas rutin, misalnya, sehingga kejenuhan itu bisa cepat pergi.

2. Hiburlah dirimu dengan cerdas

Rutinitas yang tiap hari kamu lakukan bisa membuat otakmu kaku. Kamu membutuhkan rileksasi yang bisa menghiburmu. Dengan cara ini, kamu bisa mengusir kejenuhan. Banyak jenis hiburan atau rileksasi, seperti mendengarkan musik, ikut kelas yoga atau olahraga, atau menikmati lezatnya hidangan kuliner kesukaanmu. Apa pun yang bisa membuatmu tenang, santai, rileks, dan tidak stres atau tegang, bisa membantumu dalam mengusir kejenuhan. Bahkan, menghibur diri dengan cara yang cerdas bisa memperkaya inspirasi, selain menolongmu dalam mengusir kejenuhan.

3. Lampiaskan jenuhmu ke dalam hobi yang kamu geluti

Hobi juga bisa menolongmu di saat jenuh. Hentikan sejenak rutinitasmu dan jalankan hobi yang selama ini kamu geluti. Jika kamu hobi olahraga, segeralah jalankan. Jika kamu hobi menulis, menulislah. Begitu pun jika kamu hobi jalan-jalan ke mal untuk berbelanja atau sekadar cuci mata, lakukan saja. Selama tujuannya baik, untuk mengusir kejenuhan dan mendapatkan semangat hidup, jangan ragu untuk melakukannya.

4. Buatlah dirimu dinamis, tidak malas gerak alias mager

Pribadi yang dinamis mudah mengusir kebosanan di sela-sela aktivitas. Banyak gerak, banyak berpikir, dan kreatif membuat orang-orang yang dinamis akan cepat mengubah kejenuhan menjadi semangat hidup. Ketika dalam proses kerja, misalnya, tiba-tiba terasa jenuh, orang yang dinamis akan membuat variasi kerja. Setidaknya, ia akan mudah berimprovisasi, tidak mengerjakan tugas dengan cara yang sama.

Tapi sesekali cobalah, dan rasakan apa yang ada di dalam hatimu setelah kamu memberikan bantuan. Jika kamu mendapakan energi kebahagiaan maka jangan bosan memberikan pertolongan, untuk mengubah kejenuhanmu menjadi semangat hidup yang sulit padam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *