Natasha Angel – Salah satu tindakan pengasuhan pertama anda sebagai ibu yaitu adalah menyusui bayi anda. Bagi banyak wanita, menyusui merupakan hal yang sangat penting dan intens. Sealama menyusui, ibu menyusui mungkin masih khawatir dan stres tentang pemberian nutrisi yang tepat untuk bayi anda. Dan anda mungkin memiliki sejuta pertanyaan tentang cara kerjanya dan bagaimana melakukannya dengan benar. Saran terbaik kami yaitu santai, anda dan bayi anda akan terbiasa pada akhirnya. Untuk membantu menenangkan kekhawatiran anda, kami telah mengumpulkan 4 tips menyusui terbaik untuk ibu baru.

ibu menyusui

1. Antisipasi Keinginan Bayi Anda

Daripada menunggu bayi anda menangis, anda dapat mengantisipasi kebutuhan mereka dengan memperhatikan beberapa tanda-tanda. Ketika bayi anda lapar, mereka mungkin:

  • memutar atau mengangkat kepala mereka berulang kali.
  • Buka dan tutup mulut mereka.
  • Menjulurkan lidah mereka.
  • Mengisap apa pun yang dekat.

Jika anda melihat bayi anda bergerak seperti tidak nyaman, segeras susui bayi anda. Dengan begitu bayi anda akan senang dan tidak akan menangis dan anda akan membangun tingkat keintiman yang akan memperdalam hubungan ibu dan bayi.

2. Biarkan Bayi Anda Menentukan Seberapa Sering Dan Berapa Lama Menyusu

Bayi anda tahu kebutuhan mereka lebih baik daripada yang anda lakukan saat ini. Biarkan mereka menentukan seberapa sering menyusi. Jangan menetapkan interval waktu yang telah ditentukan antara menyusui dan kemudian menyangkal makanan bayi anda hanya karena tidak cukup waktu. Di sisi lain, tidak perlu membangunkan bayi yang sedang tidur untuk memberi makan mereka hanya karena tiga jam telah berlalu. Biarkan bayi anda tidur berbaring dengan tenang dan memberi mereka makan ketika mereka bangun. Demikian pula, biarkan bayi anda menentukan berapa lama untuk menyusui. Ingat, si kecil tahu betapa mereka membutuhkan lebih baik daripada yang anda lakukan saat ini. Jangan khawatir jika waktu menyusui hanya berlangsung sepuluh menit, dan jangan panik jika itu berlangsung selama empat puluh lima menit. Beberapa bayi memang menyusui dengan cepat, sementara beberapa suka berlama-lama untuk menyusu.

3. Dapatkan Kenyamanan Saat Menyusui

Biasanya saat seorang ibu menyusui mereka harus duduk atau berbaring bahkan dalam waktu yang snagat lama. itu bisa menjadi tidak nyaman. Selain itu, mencoba mempertahankan posisi yang tidak nyaman untuk waktu yang lama dapat menyebabkan nyeri punggung , bahu, dan leher yang signifikan . Belum lagi, jika anda banyak bergerak untuk membetulkan posisi akan membangunkan bayi anda, dan kadang bayi akan marah dan tantrum. Itulah mengapa sangat penting bagi anda untuk merasa nyaman selama proses menyusui berlangsung

Kami merekomendasikan satu dari dua posisi untuk menyusui yang nyaman:

  • Berbaringlah meminggir dengan bayi anda menghadap anda.
  • Duduklah dalam posisi bersandar dengan bayi anda berbaring di lengan anda.

Tempat tidur atau sofa besar dengan banyak bantal untuk menopang punggung dan lengan membuat posisi ini ideal untuk menyusui. memperhatikan kenyamanan anda sendiri adalah hal yang penting, semakin banyak sesi menyusui akan menjadi istirahat yang menyenangkan bagi anda dan bayi anda.

4. Santai

Selain memastikan anda dan bayi anda nyaman saat menyusui, cobalah yang terbaik untuk bersantai. Bayi anda bisa merasakan jika anda tegang dan gelisah saat menyusui , dan mereka tidak akan menyusu dengan benar. Bayi anda tidak bisa rileks jika anda tidak rileks. Periksa lingkungan anda juga. Jika anda berada di lingkungan yang penuh tekanan atau lingkungan yang membuat anda tidak nyaman, pilihlah lingkungan yang memang membuat anda nyaman

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *